Berita Nasional Peristiwa

Pegawai Rutan Solo Diduga Terlibat Peredaran Narkoba

Lembaga Pemasyarakatan

Solo – Jajaran Kepolisian Resor Kota Surakarta, Jawa Tengah, bersama petugas rumah tahanan (Rutan) di Kota Solo berhasil membongkar kasus peredaran narkoba jenis shabu yang melibatkan pegawai rutan.

Nana Sudjana, Kepala Polresta Surakarta, pada Selasa sore (12/4) menyatakan bahwa tujuh warga binaan ini menempati sel Blok D yang merupakan blok untuk narapidana narkoba, dan seorang pegawai Rutan Solo juga diduga terlibat dalam kasus ini.

”Tujuh napi tersebut berinisial DK (27) warga Mojosongo, Jebres Solo, AS (32) warga Jalan M, Sangaji, Serengan Solo, AS (19) warga Pucangsawit, Jebres Solo, TK (35) warga Kratonan, Serengan Solo, HP (40) warga jayengan, Serengan Solo, IF (31) warga Kistalan, Banjarsari Solo, dan YS (31) warga Ngabean, Kartasura, Sukoharjo dan seorang pegawai Rutan berinisial K (50) warga Baluwarti, Pasar Kliwon, Solo,” tambah Nana.

Adapun barang bukti yang ditemukan saat dilakukan penggeledahan di blok tersebut yaitu lima bungkus paket hemat jenis shabu di saku celana, bungkus rokok, alat hisap shabu, dan telepon selilar merk Nokia tipe 1280.

Menurut Kapolresta, narkoba jenis shabu tersebut mereka dapatkan ketika sedang beristirahat di sore hari, ketika para tahanan sedang berkumpul.

Pada waktu istirahat YS menawarkan kepada tahanan lainnya, bahwa dia memiliki barang yang disimpan di suatu tempat. Kemudian YS menghubungi temannya berinisial N yang berada di luar, yang kini masih dalam pengejaran,  untuk mengantarkan tujuh paket hemat shabu ke Rutan. Lalu N memberikannya melalui  seorang pegawai Rutan , yakni K untuk diberikan kepada YS.

“Saat melakukan pemeriksaan kami berhasil menemukan lima paket hemat jenis shabu beserta alat hisapnya. Selain itu, saat dilakukan test urine tujuh napi tersebut hasilnya positif,” imbuhnya.

Saat ini, kasus tersebut masih dalam proses pengembangan, sehingga pihaknya meminta agar nama nama pelaku yang terlibat untuk diinisial. Mereka kini masih dalam tahanan Rutan Solo dan barang bukti disita di Mapolresta setempat.  (Ant/Akh/IH)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *