Berita Lembaga Berita Nasional Kebijakan Daerah

PD: Caleg Nyabu Terancam Dicoret

Pekalongan– IM seorang caleg Partai Demokrat Kota Pekalongan, Jawa Tengah, terancam dicoret dari Daftar Calon Tetap (DCT) Daerah Pemilihan (Dapil) IV Pekalongan Selatan, karena tertangkap tangan mengonsumsi shabu shabu.

Ketua DPC Partai Demokrat Pekalongan, H. Bintoro kepada wartawan mengatakan bahwa penangkapan IM tidak mempengaruhi kinerja partai.

“Atas kasus ini partai tidak dapat berbuat banyak, namun yang jelas pencoretan tersangka IM merupakan bentuk konsekuensi yang bersangkutan sebagai caleg, dan PD akan menindaklanjuti setelah berkekuatan hukum tetap,” papar Bintoro.

Sementara, Divisi Pencalonan dan Logistik KPU Pekalongan, Basir SH, menegaskan bahwa jika yang bersangkutan terbukti melakukan tindak pidana, maka KPU akan mencoret dari DCT Peserta Pemilu 2014.

“Kami akan melakukan konsultasi dengan KPU Jawa Tengah, dan menunggu keputusan internal partai yang bersangkutan,” ungkap Basir.

IM ditangkap polisi bersama SR, AL, dan M yang tidak lain merupakan bandar dan kurir shabu. Selain itu, polisi juga berhasil mengamankan dua paket shabu seberat 0,3 gram di dalam tas milik IM, aluminium foil, alat timbang, plastik klip dan sejumlah telepon genggam.

Menurut pengakuan IM, sesaat sebelum ditangkap petugas, Ia berencana akan memberikan paket shabu tersebut kepada salah seorang relawannya. Adapun pemberian ini sebagai upah atas upaya penggalangan massa dan pemasangan baliho miliknya di dapilnya, di Pekalongan Selatan.

Namun niat tersangaka tersebut gagal karena petugas satrestik lebih cepat. Atas perbuatannya ini, tersangka dijerat dengan pasal-pasal UU No.35 tahun 2009.(Wwn)