Berita Berita Internasional Kebijakan Global

Otoritas Inggris Larang Iklan Televisi Parfum Yves Saint Laurent

Model Parfum Belle D'Opium

LondonIklan TV yang mempromosikan parfum Belle D’Opium keluaran Yves Saint Laurent (YSL) telah dilarang penayangannya oleh institusi berwenang di Inggris.

Iklan yang menampilkan seorang perempuan menari dengan diiringi musik sambil melakukan gerakan jari yang seakan-akan menusuk lipatan lengan bagian dalamnya.

Perempuan ini kemudian berbaring di lantai dan menunjukkan ekspresi yang mirip seseorang yang berada dalam pengaruh opium.

Tayangan ini mendapatkan protes dari 13 pemirsa yang berpendapat bahwa iklan ini menggambarkan praktek penggunaan NAPZA secara halus.

Pihak YSL telah mengadakan riset yang menunjukkan hasil bahwa para konsumen tidak menginterpretasikan iklan TV parfum Belle D’Opium sebagai  simulasi penggunaan NAPZA.

YSL juga menyatakan perusahaan tersebut tidak bermaksud menggunakan pencitraan yang berhubungan dengan penggunaan NAPZA.

The Advertising Standards Authority (ASA), Otoritas Standar Periklanan Inggris menyatakan bahwa adegan model perempuan yang sedang menusukkan jari di lipatan lengan dalam dapat diinterpretasikan sebagai penyuntikkan opium.

ASA juga menyebutkan bahwa adegan model perempuan yang terbaring dengan posisi punggung sedikit terangkat dari lantai dapat terlihat seperti simulasi pengaruh NAPZA pada tubuh.

Pada dasarnya ASA tidak mempermasalahkan D’Opium digunakan sebagai nama parfum, karena memang nama dagang ini telah lama digunakan oleh YSL dan sangat populer diantara penggemar wewangian.

Sedangkan mengenai iklan TV, ASA menyatakan bahwa walaupun menurut riset konsumen, mayoritas pemirsa TV tidak menganggap tayangan tersebut membahayakan, ASA tetap menganggap akting model iklan tersebut merupakan simulasi penggunaan NAPZA, dan karenanya menyimpulkan tayangan tersebut tidak bertanggung jawab dan tidak dapat diterima sebagai iklan TV.

ASA menentukan bahwa iklan tersebut tidak boleh ditayangkan lagi dalam bentuk aslinya.

YSL memberikan tanggapan bahwa iklan tersebut dengan jelas menampilkan kemasan botol parfum dan nama YSL, serta karakter Belle ditampilkan sebagai seorang perempuan sehat, percaya diri dan berani menampilkan seksualitasnya.

YSL mengatakan, bahasa tubuh model perempuan yang memancing kritik yaitu menusukkan jari ke lengan bagian dalam, sebenarnya menggambarkan siklus kehidupan, aliran energi dalam tubuh Belle, dan sensasi kehidupan yang diberikan oleh bumi.(BBC/YS)