Kebijakan Mancanegara

Obama Desak Kongres AS Keluarkan Dana Pengamanan Perbatasan

Washington DC – Presiden AS Barack Obama akan meminta dana tambahan $500 juta dari kongres, guna meningkatkan operasi keamanan di perbatasan Amerika Serikat – Meksiko.

Adapun dana ini akan digunakan untuk mengerahkan sedikitnya 1.200 personel Pengawal Nasional atau National Guard ke perbatasan kedua negara hingga jumlah polisi yang direkrut memadai untuk memerangi perdagangan narkoba, senjata dan manusia.

Seperti yang diberitakan BBC, penembakan terhadap seorang peternak di negara bagian Arizona pada Maret lalu memperkuat kekhawatiran bahwa geng obat terlarang Meksiko semakin aktif di Amerika Serikat.

Upaya presiden Obama meminta dana tambahan dari kongres dikemukakan menyusul desakan dari negara-negara bagian AS di perbatasan agar pemerintah federal bertindak untuk menekan imigrasi ilegal dan tindak kekerasan terkait bisnis narkoba.

Sementara itu, Meksiko mendesak Amerika Serikat agar mengerahkan pasukannya untuk memburu pelaku kejahatan dan bukannya imigran.

Pekan lalu Presiden Meksiko Felipe Calderon mengimbau kongres agar mereformasi kebijakan imigrasi AS, dan mengencam undang-undang negara bagian Arizona yang mengharuskan polisi memeriksa status orang yang mereka hentikan ketika menegakkan ketentuan hukum lain, jika mereka curiga orang tersebut mungkin imigran ilegal.

Dia juga meminta Amerika menghentikan arus masuk senjata melalui perbatasan ke Meksiko dalam upaya meredam perang narkoba yang menelan banyak korban jiwa di negaranya.(BBC)