Berita Internasional Kebijakan Mancanegara

Norwegia Pertimbangkan Dekriminalisasi Penggunaan Heroin Dengan Cara Hirup Uap

Oslo – Pada Jumat (2/3) Pemerintah Norwegia menyatakan akan mempertimbangkan dekriminalisasi penggunaan heroin dengan cara menghirup uap heroin yang telah dipanaskan pada kertas aluminium. Metode ini juga populer dengan istilah chasing the dragon.

Menghirup uap heroin dianggap lebih aman dibandingkan dengan menyuntikkannya. Wacana melegalkan chasing the dragon dipertimbangkan pemerintah Norwegia untuk menekan angka overdosis.

Pemerintah kota Oslo telah mengoperasikan sebuah tempat dimana pengguna heroin dapat menyuntik di lingkungan yang aman dan bersih. “Angka overdosis yang berakibat kematian terlalu tinggi, dan menurut saya ini memalukan bagi Norwegia,” ungkap Menteri Kesehatan Jonas Gahr Stoere kepada harian Dagsavisen.

“Cara para pengguna mengkonsumsi heroin adalah masalah utama dibalik overdosis. Menurut saya, kita perlu mendorong pengguna heroin untuk menghirup uap, untuk menggantikan perilaku menyuntik yang jauh lebih berbahaya,” tegas Stoere.

Norwegia mencatat angka kematian tertinggi di kalangan pengguna napza di Eropa, dengan 30% dari 262 overdosis berakibat kematian pada 2011 terjadi pada pengguna heroin, demikian hasil riset Norwegian Institute for Alcohol and Drug Research, Sirus.Sebagai perbandingan, 168 warga Norwegia meninggal di jalanan pada tahun yang sama.

Stoere mengungkapkan wacana ini 6 hari sebelum mempresentasikan rencana pemerintah Norwegia untuk menangani ketergantungan napza. “Wacana ini bukan bermaksud melegalkan heroin dengan cara berbeda, tetapi bagaimana bertindak realistis,” imbuh Stoere.

Sedangkan menurut peneliti Sirus, Astrid Skretting, “Adalah paradoks ketika anda tidak dapat beralih menghisap uap heroin ketika anda mampu menyuntikkannya, karena menghirup uap berisiko lebih kecil dibanding menyuntikkan heroin. “Tetapi budaya menyuntikkan heroin (yang memunculkan efek heroin dengan lebih cepat daripada menghirup) telah sangat mengakar di Norwegia dan tidak ada kepastian bahwa dekriminalisasi penghirupan uap heroin akan mengakibatkan perubahan radikal dalam perilaku pengguna heroin.” (globalp/YS)