Berita Lembaga Berita Nasional Kebijakan Daerah Peristiwa

MUI Kerinci Segera Keluarkan Fatwa Tuak

MUI

Jambi – Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Kerinci, Jambi, akan segera mengeluarkan fatwa tentang tuak sebagai respon terhadap semakin maraknya peredaran minuman keras tersebut.

“Karena bahayanya tuak terhadap kesehatan serta dampak sosial di kalangan masyarakat, maka Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Kerinci dan Kota Sungaipenuh segera mengeluarkan fatwa tentang tuak,” kata kabag Humas Kerinci, Azmal Pahdi di Kerinci, Jumat (30/12).

Azmal Pahdi mengatakan hal tersebut saat rapat koordinasi pemkab setempat bersama instansi terkait yang membahas keberadaan tuak yang semakin meresahkan masyarakat. Rakor digelar di kota Sungaipenuh dan diprakarsai Polres Kerinci.

“Salah satu poin penting pada pertemuan tersebut adalah disepakatinya secara mutlak oleh ke-12 tokoh untuk menghentikan peredaran dan distribusi serta konsumsi miras tuak tersebut di tengah masyarakat Kerinci,” katanya.

“Pada perda lama menyatakan miras dengan kandungan di bawah lima persen diperbolehkan, namun forum diskusi terbaru tersebut meminta agar perda diperbaharui dengan menegaskan angka nol persen. Berarti miras jenis apapun tidak boleh beredar di Kerinci dan Sungaipenuh,” kata Azmal.(Ant/G)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *