Berita Nasional Peristiwa

Mobil Bermuatan Ratusan Kilo Ganja Diamankan Polisi

badge Polri
Polri

Kualuh Hulu Anggota Polsek Aek Kanopan berhasil menangkap satu dari dua pembawa 623 kilogram ganja, Senin (26/7) pukul 06.00 WIB.

Penangkapan berawal dari peristiwa kecelakaan lalu lintas mobil dinas Ketua DPRD Kabupaten Labuhanbatu Utara ditabrak mobil Kijang Innova hitam yang dikemudikan tersangka.

Menurut informasi, mobil Kijang Inova yang diduga menggunakan plat palsu dari Mabes TNI itu, dikemudikan RS (43) warga Sidoarjo, Jawa Timur bersama rekannya AM warga Tangerang menabrak mobil Dinas Ketua DPRD Kabupaten Labura Ali Tambunan saat melintas di Jalinsum Aek Loba Kabupaten Asahan.

Selanjutnya, mobil itu dihentikan dan Ketua DPRD Labura Ali Tambunan ingin membawa kasus kecelakaan itu diproses secara hukum dan menggiring kendaraan tersangka menuju Polsek Aek Kanopan. Namun tak menghiraukan kehendak Ketua DPRD itu dan terus melaju dengan kendaraannya.

Melihat gelagat tidak baik, Ali Tambunan menginformasikannya kepada petugas Sat Lantas di Polsek. Seterusnya, kendaraan itu diburu dan berhasil digiring ke Polsek Aek Natas dan melakukan identifikasi terhadap kendaraan dan mengamankan supir dan menmukan plat mobil yang tidak sesuai dengan surat-surat asli kendaraanya.

Setelah dilakukan pemeriksaan, polisi menemukan tumpukan goni yang tersusun rapi di dalam mobil itu dan ditimpa dengan tujuh durian yang diduga untuk menghilangkan aroma ganja. Namun, seorang di antaranya, yakni AM berhasil melarikan diri dari petugas.

Mobil yang berisi ganja kering seberat 623 kilogram berikut seorang tersangka selanjutnya digiring ke Mapolres Labuhanbatu.

Menurut pengakuan tersangka RS, ia hanya sebagai supir sedang pemilik ganja AM yang melarikan diri. Ganja itu dibawa dari Kota Binjai dan akan dibawa menuju Tanggerang.

Kapolres Labuhanbatu AKBP Roberts Kennedy kepada wartawan di Mapolres mengatakan, awalnya ini merupakan kasus laka lantas di wilayah Asahan.

Kebetulan yang ditabrak pelaku, mobil Ketua DPRD Kabupaten Labura. Setelah menabrak, pelaku melarikan diri dan Ketua DPRD melapor ke Polsek. Saat penangkapan itu sempat ada keraguan anggota, karena melihat mobil menggunakan plat palsu plat Hankam, setelah diamankan di Polsek ditemukan mobil itu membawa ganja kering, sebut Kapolres.(Ans/AM)