Berita Daerah Hukum

Miliki Ganja 0,8 Gram, Seorang Pengguna Napza Terancam Hukuman Empat Tahun

Ungaran – Terdakwa kasus kepemilikan ganja yang ditangkap oleh Satuan Narkoba Kepolisian Resor (Polres) Semarang pada bulan Maret lalu, pada Rabu (30/5) berkas perkaranya disidangkan oleh Pengadilan Negeri (PN) Ungaran.

Salah satu terdakwa berinisial DS (25) dengan barang bukti 0,874 gram ganja menjalani sidang pertama dengan agenda pembacaan dakwaan di hadapan majelis hakim yang diketuai oleh Hakim Hj. Nirwana, SH.

Oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU) Yamsri Hartini, SH, DS didakwa dengan Pasal 111 ayat 1 Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2009 Tentang Narkotika, bahwa terdakwa memiliki dan menyimpan ganja.

JPU juga mendakwa DS dengan Pasal 127 111 Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2009 Tentang Narkotika, karena terdakwa menggunakan ganja dengan ancaman hukuman maksimum empat tahun penjara.

Dalam sidang ini DS yang merupakan mahasiswa di salah satu perguruan tinggi swasta ini tidak didampingi oleh pengacara, hanya ditemani oleh ayahnya. Ia tidak mengajukan eksepsi atau tanggapan saat ditanya oleh majelis hakim sehingga majelis hakim melanjutkan sidang dengan menghadirkan saksi dari pihak JPU.

“Saksi belum dapat kami hadirkan, kami meminta waktu satu minggu kepada majelis hakim,” kata JPU dalam sidang.

Tiga terdakwa lain yaitu YH, DN dan seorang perempuan, ML dalam kasus yang sama disidangkan dalam berkas terpisah. (IH)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *