Hukum

Miliki 3,58gram Kokain, Warga Australia Diganjar 7 Tahun Penjara

Pengadilan Negeri Denpasar

Denpasar – Setelah melalui beberapa kali penundaan persidangan putusan akhirnya Angus Mc Caskill (57thn) warga negara Australia, Senin (31/1) dijatuhi hukuman 7 tahun penjara karena terbukti memiliki kokain.

Persidangan yang berlangsung di Pengadilan Negeri (PN) Denpasar ini juga mendenda Angus sebesar Rp.800 juta subsider 4 bulan penjara.

Ketua Majelis Hakim Putu Suika menyebut, Angus terbukti bersalah memiliki, menyimpan, menguasai atau menyediakan kokain seberat 3,58 gram.

“Perbuatannya melanggar pasal 112 ayat 1 huruf a UU No 35 Tahun 2009 tentang Narkotika,“ papar Putu Suika.

Hal yang memberatkan Angus adalah merusak citra Bali sebagai daerah tujuan pariwisata. Sementara yang meringankan, terdakwa sopan dan mengakui semua perbuatannya.

Angus ditangkap pada 30 Juni 2010 lalu di areal parkir supermarket Pepito, Jalan Raya Kediri, Tuban. Dari hasil pemeriksaan, polisi menemukan lima bungkusan plastik, masing-masing berisi serbuk putih berupa kokain seberat 3,58 gram yang disimpan di dalam dompet terdakwa.

Dalam persidangan, Angus mengakui kokain itu dibelinya dari seseorang di dekat diskotek Kudeta, Seminyak, dengan harga Rp 8 juta. Lelaki yang mengakui berprofesi sebagai makelar bisnis ini mengaku mengkonsumsi kokain sejak 1996.

Atas putusan hakim, Putu Maya Arsanti, kuasa hukum Angus, langsung mengajukan banding.

“Putusan itu sangat memberatkan klien kami. Bagaimana dengan barang bukti yang kurang dari 5 gram bisa dihukum berat seperti itu,” tegasnya.(Sry)