Berita Nasional

Menkumham: Peredaran Narkoba di Lapas Hanya Satu Persen

Rumah Tahanan

Batam – Dalam acara pengarahan di Kantor Wilayah Kementrian Hukum dan HAM Tanjung Pinang, Kepulauan Riau, Menkumham Amir Syamsudin mengumumkan bahwa Rumah Tahanan (Rutan) Balai Kota Batam, Provinsi Riau layak menjadi model percontohan bagi Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) dan Rutan di Indonesia.

Menurut Menkumham, standar manajemen Rutan Balai Batam sangat baik karena meskipun berpenghuni lebih dari kapasitas, namun tetap terlihat rapi.

Acara yang berlangsung pada Jumat (13/4) ini dihadiri oleh seluruh unit pelaksana teknis Lapas, Rutan, Bapas, dan Imigrasi. Menkumham menyatakan bahwa kerjasama seluruh jajarannya perlu ditingkatkan untuk menanggapi anggapan publik tentang penjara adalah sarang narkoba.

Kebijakan yang dijalankan oleh Kemenkumham tengah menjadi sorotan masyarakat sejak terjadinya insiden pada inspeksi mendadak Wamenkumham bersama Badan Narkotika Nasional (BNN). Insiden tersebut sempat membuat Menkumham membekukan kesepakatan kerjasama Kemenkumham dengan BNN.

Banyak pihak menganggap bahwa pembekuan kesepakatan tersebut menutup celah pemberantasan narkoba di Lapas. Menkumham juga menyatakan bahwa menurut statistik, peredaran narkoba di Lapas hanya satu persen, sedang 99 persen lainnya di lingkungan masyarakat. (IH)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *