Kebijakan Nasional

Menkumham: Pecandu Itu Korban

depkumhamDenpasar – Menteri Hukum dan Hak Azasi Manusia (MenkumHAM) Patrialis Akbar menegaskan bahwa pengguna narkotika, psikotropika dan zat adiktif (NAPZA) atau pecandu adalah korban dan merupakan bagian dari anak bangsa Indonesia yang harus diperhatikan.

“Yang pecandu sudah jadi korban, dia anak bangsa ini, Jadi mesti dicarikan jalan keluar,” ungkap MenkumHAM kepada Radar Bali usai pembukaan rapat pleno Pengurus Pusat Ikatan Notaris Indonesia yang berlangsung di salah satu hotel berbintang di Sanur, Bali, Jum’at (29/1).

Menurut MenkumHAM, jalan keluar yang dimaksud terkait nasib para mantan pecandu yang tidak banyak dipedulikan orang pasca menjalani proses rehabilitasi.

Kondisi ini pula yang membuat dirinya ingin mencari jalan pemecahan, misalnya dengan memberikan pendidikan keterampilan dan menyiapkan lapangan pekerjaan. Dengan demikian para mantan pecandu tersebut dapat mendapatkan mata pencaharian

Sementara menanggapi makin maraknya peredaran NAPZA, menurut MenkumHAM sudah selayaknya jika pengedar tetap diberi hukuman.

“Pengedar, apalagi pengedar kelas kakap mesti dihukum mati,” tegas Patrialis Akbar.(Gen)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *