Berita Nasional Kebijakan Nasional

Menko Polhukam: Penjara Khusus Narkoba Akan Dibentuk

LBPJakarta  – Menteri Koordinator Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Luhut Binsar Pandjaitan mengemukakan pemerintah sedang menggodok ide membentuk penjara khusus bagi kasus Narkoba. Penjara itu akan dipisah dengan pidana umum.

Pemerintah juga meningkatkan sosialisasi masalah bahaya Narkoba ke pelosok-pelosok daerah. Pasalnya Narkoba sangat berbahaya dan mematikan.

“Narkoba itu lebih bahaya dari radikalisme. Nanti akan ada penjara sendiri antara penjara penjahat narkoba. Jadi mereka tidak bersatu dengan pidana umum,” kata Luhut saat bersilahturami dengan pemimpin media di kantor Menko Polhukam, Rabu (11/10) malam.

Hadir pada acara itu, Mendagri Tahjo Kumolo, Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly, Menlu Retno M, Kapolri Badrodin Haiti, dan Kepala BIN Sutiyoso.

Luhut menjelaskan pemerintah juga sedang menggodok masalah keorganisasian Badan Narkotika Nasional (BNN). Rencananya BNN akan ditingkatkan keorganisasiannya menjadi lembaga di bawah presiden.

“Status BNN akan ditingkatkan seperti BNPT yang langsung di bawah presiden,” jelasnya.

Menurutnya, pembahasan tentang penjara narkoba dan status BBN masih digodok pemerintah. BNN juga dilibatkan dalam penyesuaian struktur lembaganya.

Saat ini BNN merupakan badan yang berada di bawah koordinasi Mabes Polri. “Saya sudah bertemu beberapa kali dengan Kepala BNN, Komjen Budi Waseso. Saya belum bisa kemukakan semua hasilnya karena masih tahap finalisasi,” ujar Luhut.(BeritaSatu.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *