Berita Nasional

Mekanisme Rujukan Rehabilitasi Pecandu Dalam Persidangan Masih Perlu Koordinasi

Semarang – Pengguna NAPZA di wilayah Semarang dan sekitarnya yang berminat mengikuti program terapi dan rehabilitasi milik Badan Narkotika Nasional (BNN) di Lido, dapat mendaftarkan diri melalui BNN Provinsi Jawa Tengah.

“Dapat datang sendiri atau diantarkan keluarganya ke bagian terapi dan rehabilitasi. Ada beberapa mekanisme yang harus dipenuhi dalam prosesnya. Antara lain melalui pemeriksaan dokter adiksi,” ujar Winarti, Kepala Bagian Pemberdayaan Masyarakat BNNP Jateng.

Menanggapi pertanyaan mengenai pengguna NAPZA yang masih dalam proses persidangan, Winarti menjawab bahwa mekanismenya perlu ada koordinasi dengan pihak-pihak terkait yaitu hakim, jaksa dan pengacara.

“Biasanya persidangan akan merujuk pada Surat Edaran Mahkamah Agung (SEMA) tentang keputusan rehabilitasi. Dari sana kami baru bisa merujuk ke rehabilitasi di Lido,” terangnya.

Winarti mengakui bahwa selama ini belum pernah menangani rujukan rehabilitasi bagi pengguna NAPZA yang sedang dalam proses persidangan.

“Selama ini, yang kami rujuk biasanya diantar dari keluarganya. Untuk yang dari persidangan kami akan mempelajari mekanismenya terlebih dahulu,” imbuhnya.