Berita Internasional Kebijakan Mancanegara Tembakau & Rokok

Masyarakat Rusia Keberatan Pelarangan Total Merokok di Ruang Publik

Moscow – Mayoritas masyarakat Rusia tak mendukung rancangan pemerintah untuk memberlakukan pelarangan penuh untuk merokok di ruang publik. Masyarakat Rusia beranggapan bahwa kebijakan tembakau harus ditekankan pada upaya membantu perokok untuk berhenti, demikian diberitakan TV Novosti.

Sebuah RUU anti rokok yang dikeluarkan State Duma, Parlemen Tingkat Rendah Rusia seharusnya jatuh tempo untuk dengar pendapat pada 25 Januari mendatang.

Menurut sebuah survei yang diadakan oleh LevadaCenter pada November 2012, yang hasilnya diumumkan Kamis (17/1), hanya 18%-31% responden mendukung pelarangan merokok secara serentak di tempat kerja, bandara, restauran, bar dan hotel.

Lebih dari 75% responden berpendapat, merokok di tempat umum harus dibatasi pada area-area tertentu. Sekitar 55% responden berpendapat, pemerintah harus lebih berfokus untuk memberikan informasi cara-cara berhenti merokok. Sementara hanya 20% responden mengatakan bahwa penetapan harga tinggi, pajak dan denda merupakan komponen efektif dalam UU anti rokok.

State Duma mengeluarkan RUU anti rokok untuk dengar pendapat pertama bulan lalu, tetapi kemudian Parlemen Tingkat Tinggi Rusia merencanakan penambahan pelarangan lain, khususnya untuk pelarangan merokok di tempat kerja dan pelarangan pemunculan rokok di televisi dan film.(tvn/YS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *