Berita Nasional Kebijakan Nasional Tembakau & Rokok

Masuki Tahap Finalisasi, RPP Tembakau Akan Segera Disahkan

Jakarta – Rancangan Peraturan Pemerintah (RPP) Tembakau yang diwarnai aksi protes dan unjuk rasa di berbagai daerah dan ibu kota, kini telah memasuki tahap final.

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono di Kementerian Kesehatan, Rabu (1/8) menyatakan bahwa pembahasan di tingkat kementrian sudah selesai dan akan dikirim ke presiden

“Kalau sudah sampai tentu akan saya tandatangani,” kata SBY di Kementrian Kesehatan, seperti diberitakan Viva.co.id.

Menurut SBY, finalisasi sedang dilakukan untuk memastikan bahwa peraturan ini tidak bertentangan dengan Undang-Undang maupun peraturan pemerintah yang lain.

SBY juga memaklumi jika terjadi demonstrasi di berbagai wilayah terkait dengan RPP Tembakau, karena menurutnya demonstran tidak memahami betul jiwa peraturan ini.

“Seolah-olah akan mengorbankan petani tembakau dan seterusnya, seterusnya. Kami hitung dan pertimbangkan semua. Padahal, ada tujuan mulia untuk generasi kita dan ada proteksi terhadap petani tembakau,” ujar SBY.

Masyarakat yang hidupnya bergantung dengan industri tembakau berkali-kali menggelar aksi unjuk rasa untuk menolak diberlakukannya RPP ini karena dianggap mengancam mata pencaharian petani. (IH)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *