Berita Internasional

Marinir Meksiko Berhasil Menangkap Gembong Kartel Narkoba Zetas

Zetas Raul Hernandez

Mexico City – Pihak berwenang pemerintah Meksiko, Selasa (13/12) waktu setempat mengumumkan tertangkapnya salah satu gembong pendiri kartel “Zetas” yang cukup ditakuti di Meksiko.

“Raul Lucio Hernandez Lechuga, alias “El Lucky” atau “Z-16″, ditahan Senin (12/12) di dekat Kordoba di negara bagian Veracruz, Meksiko Timur, bersama empat pengawalnya dalam sebuah operasi perburuan atas dirinya selama lebih dari satu tahun,” ungkap juru bicara Angkatan Laut Meksiko didampingi petinggi kehakiman setempat.

Menurut pejabat yang tidak disebutkan namanya tersebut, sebelum tertangkap sempat terjadi kontak senjata antara para pengawal tersangka dengan pasukan marinir yang menewaskan seorang penjaga dan melukai seorang prajurit marinir.

Selain menangkap Raul Lucio Hernandez Lechuga alias “El Lucky” alias “Z-16” dan para pengawalnya, Marinir Meksiko juga menyita 168 pucuk senjata api dan lima roket peluncur granat.

Hernandez masuk di dalam daftar 37 penjahat paling dicari di Mesiko. Ia telah bekerja bersama-sama Heriberto Lazcano “El Lazca” pemimpin Zetas yang ditakuti.

Pada 2001 silam, sebanyak 9 marinir Meksiko diculik di wilayah Veracruz yang berada di bawah kekuasaan Hernandez yang juga menguasai wilayah Puebla dan Oaxaca. Pemerintah Meksiko menawarkan 15 juta pesos sedangkan pemerintah AS menawarkan hadiah sebesar satu juta dolar AS bagi pemberi informasi yang menghasilkan penangkapan Hernandez.

Di Meksiko, kartel narkoba Zetas dikenal sangat yang kejam dan brutal, sejak penghujung 1990-an kartel ini menguasai sepuluh negara bagian Meksiko. Zetass dibentuk oleh sekitar 40 mantan anggota pasukan khusus Mesiko yang melakukan disersi dari dinas kemiliteran. Dalam operasinya menguasai jalur-jalur penyelundupan narkotika dari Meksiko ke Amerika.(G)

One thought on “Marinir Meksiko Berhasil Menangkap Gembong Kartel Narkoba Zetas”

  1. kapan yah, di Indonesia bisa nangkep bandar-bandar narkoba seperti ini? biasanya yang ditangkap selalu pecandu atau “cepu” yang sudah dianggap ga berguna lagi..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *