Berita Internasional

Malaysia Bebaskan Kurir Ganja Warga Indonesia

Malaysia

Kuala Lumpur – Pengadilan Malaysia membebaskan Husin Sitorus (62), warga Bogak, Tanjung Tiram, Batubara, Sumatera Utara, Sabtu (27/8). Husin dibebaskan setelah pengacaranya berhasil membuktikan bahwa tuduhan atas dirinya sebagai pemilik ganja yang berupaya diselundupkan ke Malaysia adalah tidak benar

Husin Sitorus ditangkap Polisi Laut Diraja Malaysia pada Oktober 2004, setelah ditemukan 147kg ganja kering yang dikemas dalam delapan kardus mie instan saat berlabuh di Port Klang, Malaysia.

Husin menjalani proses persidangan di Pengadilan Negeri Syah Alam pada 2009, dimana majelis hakim pengadilan negeri setempat kemudian menjatuhan hukuman gantung sampai mati terhadap dirinya.

Dalam pledoinya, Husin menjelaskan bahwa ia tidak mengetahui jika kedelapan paket kardus mie instan tersebut ternyata berisi ganja kering. Menurutnya ganja tersebut adalah titipan salah seorang kawannya yang berinisial S.

Setelah menjalani tujuh tahun masa tahanan di penjara Malaysia akhirnya perjuangan Husin yang dibantu dua pengacaranya berbuah hasil yang mengembirakan. Dimana majelis hakim pengadilan banding Malaysia membebaskannya setelah tuduhan kepemilikan ganja atas dirinya dinilai meragukan.(Gen)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *