Advokasi Berita Daerah Berita Lembaga Kebijakan Nasional Tembakau & Rokok

Mahasiswa Desak Pemerintah Tutup Kran Impor Tembakau

Semarang – Puluhan mahasiswa yang tergabung dalam Solidaritas Mahasiswa untuk Tembakau Indonesia (SMUTI), Selasa (20/12) berunjuk rasa mendatangi Gedung Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jawa Tengah.

Kedatangan mereka untuk mendesak para wakil rakyat agar menolak pemerintah yang membuka keran impor komoditas tembakau, karena akan mengancam keberlangsung hidup petani tembakau di Indonesia.

“Jika impor komoditas tembakau dibiarkan maka petani tembakau di Indonesia akan terancam,” papar Aris Muhammad Saefullah, Koordinator SMUTI.

SMUTI juga mengimbau pemerintah Jawa Tengah untuk tidak membuat peraturan yang merugikan petani tembakau.

“Kami juga mengimbau kepada pemerintah Jawa Tengah untuk tidak membuat peraturan yang merugikan bagi petani tembakau,” imbuh Aris Muhammad.

Menurut SMUTI, maraknya komoditas tembakau impor terlihat dari makin banyaknya produk rokok putih dan mild yang beredar di tanah air.

SMUTI berpandangan bahwa seharusnya pemerintah memberikan perlindungan terhadap para petani tembakau yang selama ini selalu memberikan kontribusi kongkrit terhadap negara dalam bentuk pajak.(Gen)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *