Berita Nasional Kegiatan

Layanan Terpadu Dibutuhkan Untuk Tangani Pemulihan Ketergantungan NAPZA

Pelatihan UNODC

SalatigaUnited Nation Office on Drugs and Crime (UNODC) untuk wilayah Indonesia memfasilitasi Pelatihan Pemulihan Ketergantungan NAPZA dan Pencegahan HIV Terpadu untuk wilayah Jawa Tengah pada Senin (6/6) di Salatiga Jawa Tengah.

“Pelatihan ini merupakan tindak lanjut dari pertemuan awal penyedia layanan bagi pengguna NAPZA pada Maret lalu di Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah,” ujar Abrori Addahuri, staf Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Provinsi Jawa Tengah pada Napzaindonesia.com, di lokasi pelatihan.

Pelatihan yang rencananya akan berlangsung selama lima hari ini bertempat di Hotel Laras Asri Salatiga, Jawa Tengah, diikuti oleh 15 peserta yang merupakan wakil dari institusi yang melayani akses rujukan kesehatan di Jawa Tengah.

“KPA Provinsi Jawa Tengah ditunjuk sebagai fasilitator untuk mempertemukan penyedia akses layanan kesehatan, rehabilitasi, LSM pendamping pengguna NAPZA dan komunitas pengguna NAPZA di Jawa Tengah dalam kaitannya dengan infeksi HIV,” lanjut Abror.

Irfan, salah satu staf UNODC yang menjadi penanggungjawab pelatihan ini menyampaikan bahwa dalam hal ini, UNODC berperan sebagai fasilitator untuk membuka akses rujukan rehabilitasi dan kesehatan bagi pengguna NAPZA. Kegiatan ini sedianya akan dilaksanakan di sembilan wilayah propinsi di Indonesia.

“Pelaksananya adalah dari pihak pemerintah Indonesia, dalam hal ini dibawah koordinasi KPA, Dinas Kesehatan dan Badan Narkotika Nasional (BNN). Harapannya, setelah pelatihan ini setiap institusi dapat menerapkan akses rujukan secara terpadu melalui unit kerjanya di wilayah masing-masing,” imbuhnya. (IH)