Aktivitas Berita Daerah Kegiatan

Lawan Polisi Pelanggar HAM, Komunitas Pengguna Napza Gelar Pelatihan Paralegal

Semarang – Pelatihan paralegal tentang Investigasi dan Pendokumentasian Pelanggaran Hak Azasi Manusia (HAM), Rabu (4/8) digelar di sekretariat PERFORMA, Semarang, Jawa Tengah.

Pelatihan ini diikuti sekitar 15 relawan petugas penjangkau komunitas pengguna narkotika, psikotropika dan zat adiktif (napza) dan tiga mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Sultan Agung (UNISULA)

“Tujuan diadakannya pelatihan ini adalah untuk membekali petugas penjangkau mengenai cara-cara investigasi dan bagaimana mendokumentasikan pelanggaran HAM oleh aparat penegak hukum,” ujar Ira Hapsari, Koordinator Divisi Penelitian dan Pendokumentasian PERFORMA, kepada NapzaIndonesia.com. Materi yang disampaikan diantaranya mengenai Dasar-Dasar HAM dan Teknik Investigasi.

Selama pelatihan berlangsung para peserta dibagi kedalam tiga kelompok dan bertugas merancang kegiatan investigasi pada kasus-kasus terkait napza yang diduga terjadi pelanggaran HAM oleh perangkat hukum.

Bertindak sebagai fasilitator pelatihan ini adalah Kahar Muamalsyah dan Indra N Azis dari Perhimpunan Bantuan Hukum dan HAM Indonesia (PBHI) Jawa Tengah.

“Mulai saat ini, mari bersama-sama kita hentikan ketakutan terhadap polisi. Karena dengan memelihara rasa takut yang ada, akan makin banyak korban yang akan mengalami intimidasi dan pelanggaran HAM dari pihak kepolisian.” papar Kahar Muamalsyah.

Menurut rencana pelatihan ini akan berlangsung hingga Jumat (6/8).(IH/G)