Berita Internasional Kebijakan Mancanegara Tembakau & Rokok

Larangan Merokok di Ruang Terbuka Restoran Dibatalkan di Parramatta

Parramatta – Kelompok pro-merokok telah memenangkan sebuah kebijakan kecil di Australia. Setelah 2 tahun berjuang, para perokok akan kembali diperbolehkan merokok di udara terbuka ketika makan di restoran di wilayah Parramatta, pinggiran Sydney, Australia. Anggota dewan Parramatta menyetujui kebijakan tersebut sesuai dengan harapan para pemilik restoran yang kehilangan banyak keuntungan ketika pengunjung tidak diperbolehkan merokok, demikian laporan the Sydney Morning Herald.

“Kami sangat lega, sungguh sebuah kabar baik,” ungkap Omar Besiso, perwakilan Asosiasi Kebebasan Bisnis Parramata, sebuah kelompok beranggotakan 50 pebisnis. Besiso menyatakan, “Sungguh tidak adil ketika konsumen membatalkan makan di restoran di Parramata, lalu berpindah makan di restoran di Granville atau Merrylands, dimana mereka dapat merokok.”

“Anda tidak dapat menghentikan kebiasaan merokok seseorang. Kami tidak mau dirugikan karena anggota dewan mendukung kebijakan anti merokok,” tegas Besiso lagi.

Tetapi seperti biasanya, kebijakan ini kemungkinan besar hanya berlangsung sementara, selama para perokok terus memperjuangkan hak mereka.

“Pemerintah negara bagian akan memberlakukan larangan yang sama pada 2015, dan semua restoran harus menurutinya,” ujar Anita Tang, manajer kebijakan dan advokasi di Dewan Kanker New South Wales. Tang menyayangkan kebijakan Anggota Dewan di Parramata justru bertentangan dengan kebijakan pemerintah New South Wales.(smh/YS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *