Berita Nasional

Lapas Narkotika Nusakambangan Modifikasi Ruang Jenguk Narapidana

Nusa Kambangan (ilustrasi)

Cilacap – Sistem komputerisasi data warga binaan atau narapidana, mulai diterapkan di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Narkotika di Pulau Nusakambangan. Hal ini disampaikan oleh Lilik Sujandi, Kepala Lapas Narkotika Pulau Nusakambangan, Cilacap, Selasa (4/7).

Menurut Lilik, saat ini baru Lapas Narkotika yang menerapkan sistem komputerisasi sedangkan enam Lapas lainnya yang ada di Pulau Nusakambangan belum menerapkan sistem ini.

“Kami sudah mengajak lapas lainnya untuk bisa menerapkannya sehingga nantinya jaringan yang ada dapat terintegrasi,” ungkap Lilik seperti diberitakan Antara.

Fungsi komputerisasi dilengkapi dengan perangkat komputer di ruang terbukan untuk memudahkan keluarga mengakses status pelanggaran, hukuman dan kapan waktu bebas narapidana.

Fungsi lain dari sistem komputerisasi ini adalah untuk memutus tindakan pungutan liar yang kemungkinan dilakukan petugas.

“Biasanya, kalau keluarga ingin mengetahui kapan napi tersebut bebas, mereka akan bertemu dengan petugas di dalam ruangan tertutup sehingga tidak menutup kemungkinan terjadinya pungli. Kalau di tempat terbuka ternyata masih ada pungli, kebangetan,” jelasnya.

Sistem pengamanan lain yang dilakukan oleh Lapas narkotika untuk mencegah masuknya barang terlarang kedalam Lapas adalah dengan melakukan pemeriksaan berlapis terhadap barang bawaan pembesik.

Selain itu, pihak Lapas juga memodifikasi ruangan jenguk narapidana dengan menghilangkan jeruji besi pembatas narapidana dengan pembesuk, untuk menghindari kesan angker pada anak-anak. Sebagai gantinya, narapidana diwajibkan mengenakan rompi.

Menurut Lilik, dalam proses pembinaan pada narapidana, peran dan dukungan keluarga sangat penting, sehingga tempat membesuk perlu dimodifikasi sedemikian rupa.

“Bagi yang enggan bertemu di dalam ruangan, kami juga telah menyiapkan beberapa gazebo di halaman ruang pertemuan serta kantin di sekitar tempat yang disebut family area,” imbuhnya. (IH)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *