Berita Daerah Berita Nasional

Lagi, Warga Malaysia Ditangkap Bawa 2 Kg Shabu

Jakarta – Petugas Kantor Pelayanan dan Pengawasan Bea dan Cukai, Juanda Surabaya menangkap dua warga negara Malaysia yang kedapatan membawa dua kg metamfetamin atau shabu.

Kepala Humas Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (BC), Evi Suhartantyo dalam keterangannya kepada wartawan di Jakarta, Minggu (23/5), menyebutkan, petugas mengamankan dua warga negara Malaysia itu pada Sabtu (22/5) malam.

Dua warga negara Malaysia dimaksud berinisial LKT dan TKP yang menumpang maskapai Cathay Pacific dengan nomor penerbangan CX-781 HK. Modus yang digunakan pelaku adalah dengan “body stripping” di mana masing-masing pelaku membawa satu kg shabu.

“Nilai dua kg shabu yang dibawa dua pelaku mencapai sekitar Rp 4 miliar,” papar Evi.

Sebelumnya pada pertengahan Mei 2010 ini, Kantor Pelayanan dan Pengawasan Bea dan Cukai Bandara Internasional Juanda juga menggagalkan penyelundupan shabu-shabu asal Malaysia yang dibawa seorang Tenaga Kerja Indonesia (TKI) asal Lumajang.

Petugas menyita barang bukti dari seorang tersangka berinisial S dengan barang bukti shabu seberat 50 gram. Modus operandi yang digunakan oleh tersangka S yakni dengan  memasukkan shabu senilai Rp 100 juta itu ke dalam satu kemasan susu bubuk.

Namun, penyelundupan shabu-shabu itu akhirnya terungkap berkat pemeriksaan “profiling” yang menggunakan alat deteksi narkoba bantuan Pemerintah Australia. Sebelum ditangkap, tersangka S diketahui menempuh perjalanan dari Kuala Lumpur, Malaysia dengan pesawat Air Asia bernomor penerbangan Q-27616.(Ant)