Berita Internasional

Lagi, Puluhan Orang Tewas Akibat Perang Narkoba di Meksiko

Nuevo Leon – Setidaknya 22 tentara Meksiko tewas dalam kontak senjata yang berlangsung selama kurang lebih dua jam pada Rabu malam (15/9) waktu setempat. Demikian dilansir oleh Reuters, Jumat (17/9).

Kontak senjata antara tentara dan kelompok yang diduga kartel narkoba tersebut terjadi di sebuah lahan bekas peternakan di Negara bagian Tamaulipas. Baku tembak terjadi setelah tentara menyelidiki aktifitas mencurigakan yang terjadi di daerah tersebut, demikian isi berita media setempat mengutip dari sumber anggota militer setempat.

Tentara Meksiko mengamankan 25 senapan, beberapa granat dan beberapa alat perang lainnya seusai kejadian baku tembak berlangsung.

Pada tempat berbeda, masih di daerah Nuevo Leon, kontak senjata juga terjadi antara tentara dan kelompok kartel narkoba. Media setempat mengutip keterangan dari beberapa anggota tentara bahwa 19 orang tewas dalam kejadian tersebut.

Sejak Presiden Meksiko Felipe Calderon menjabat, kebijakan perang terhadap narkoba dilancarkan dengan keras pada tahun 2006 dan hingga saat ini kurang lebih 28.000 orang menjadi korban peperangan tersebut. (Rts/IH)