Berita Internasional Kebijakan Global

Lagi, 14 Jenasah Ditemukan di Meksiko

Polisi Meksiko memeriksa lokasi kejadian

Mexico City – Kepolisian Meksiko, Kamis (9/8) menemukan 14 jenasah di dalam sebuah kendaraan jenis van yang ditinggalkan di tepian jalan di negara bagian San Luis Potosi di Meksiko Utara.

Gabriela Gonzales, juru bicara Jaksa Agung dari San Luis Potosi, mengatakan belasan jenasah tersebut ditemukan di dekat sebuah pompa bensin setelah pihak berwenang menerima panggilan telepon gelap.

Gonzales juga mengatakan pemerintah federal sekarang memimpin sebuah penyelidikan kejahatan, sementara ahli forensik masih menganalisa penyebab kematian.

“Ada 14 jenasah laki-laki naik sebuah Mercedes Benz yang sebelumnya dilaporkan hilang,” tambahnya.

Gonzales mengatakan korban pertama kali diculik di negara bagian lain dan kemudian dipindahkan ke San Luis Potosi. Menurut beberapa bukti yang diperoleh jaksa negara, korban penculikan ini dibunuh saat masih dalam perjalanan ke ibu kota San Luis Potosi.

Namun, Gonzales tidak menyebutkan apakah pembunuhan ini terkait dengan kartel narkotika di negara itu.

Perdagangan narkotika telah lama merajalela di negara Amerika Latin, hal ini telah memicu tindak kekerasan terkait perdagangan ilegal di beberapa negara Amerika latin.

Sejak 2006 lebih dari 52.000 orang tewas akibat kebijakan “perang terhadap narkoba” yang diambil mantan Presiden Meksiko Felipe Calderon. Kebijakan ini menunjukkan bahwa upaya negara untuk mengendalikan kartel obat telah gagal.

Sementara Enrique Pena Nieto, Presiden Meksiko yang baru terpilih beberapa pekan lalu menyerukan adanya dialog mencari cara memerangi kartel obat dan kejahatan terorganisir lainnya.(Rtr/Gen)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *