Hukum

Kurir Shabu Asal Malaysia Divonis Seumur Hidup

sidang narkoba

Mataram – Seorang warga negara Malaysia, Chow Kit Nang, dijatuhi vonis penjara seumur hidup oleh Majelis Hakim Pengadilan Negeri Mataram, Senin (23/5). Chow dibuktikan bersalah karena membawa shabu seberat 3,17 kg.

Terdakwa Chow ditangkap pihak Bea dan Cukai Bandara Selaparang Mataram pada November tahun lalu saat turun dari pesawat Merpati Airlines rute Kuala Lumpur-Mataram dengan nomor penerbangan MZ 831.

Barang bukti senilai 7,5 milyar rupiah yang dibawa Chow disimpannya salam aluminium foil dan direkatkan dalam dinding koper. Saat ditangkap, Chow mengaku sebagai kurir dengan komisi sebesar 7.000 ringgit Malaysia.

Dalam kasus ini, Chow didakwa oleh majelis hakim yang dipimpin oleh Miyon Ginting dengan pasal 112, 113, 114 dan 115 Undan-Undang Nomor 35 Tahun 2009 Tentang Narkotika.

“Ancaman terberatnya adalah vonis hukuman mati. Namun terdakwa tidak terbukti sebagai pengedar karena barang bukti yang dibawanya belum sampai ke tangan penerima,” ujar Miyon.

Menurut Miyon, beberapa hal yang meringankan Chow salah satunya karena ia selalu bersikap sopan dalam persidangan.

Sementara itu, terdakwa Chow melalui penerjemah yang mendampinginya selama persidangan mengajukan banding atas vonis atas dirinya. (IH)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *