Berita Internasional

Kudzu Dipercaya Dapat Sembuhkan Ketergantungan Pada Kokain

napza kudzu001
Kudzu (Pueraria lobata)

Washington – Ekstrak dari pohon Kudzu (Pueraria lobata) yang saat ini sedang dikembangkan untuk mengobati pecandu alkohol  dipercaya juga dapat membantu mengobati pecandu kokain. Demikian disampaikan sekelompok peneliti Gilead Sciences Inc., Minggu (22/8).

Menurut laporan ilmiah tim Gilead di jurnal Nature Medicine disebutkan bahwa percobaan pada tikus membuktikan bahwa obat tersebut dapat menghentikan mereka mengkonsumsi kokain.

Tim Gilead mewarisi ekstrak obat percobaan ini sejak 2009 lalu, ketika dihasilkan di CV Therapeutic Inc.

“Tak ada pengobatan yang efektif bagi kecanduan kokain kendati ada banyak pengetahuan neurobiologi kecanduan obat,” tulis Lina Yao, Ivan Diamond dan rekan mereka.

Kudzu adalah obat kuno bagi para pecandu alkohol. Tanaman rambat ini merupakan tanaman asli Asia tepatnya di daratan China dan Jepang. Kudzu kemudian menyebar ke sebagian besar wilayah Asia Tenggara dan diimpor ke Amerika Serikat untuk mengendalikan erosi tanah.

CV Therapeutics membuat ekstrak sintetis yang disebut selective aldehyde dehyrogenase-2 inhibitor, atau “ALDH2i”. Ekstrak itu menggunakan nama CVT-10216.

Percobaan pada tikus memperlihatkan ekstrak tersebut dapat menghentikan hewan pengerat itu mengkonsumsi kokain. Ekstrak tersebut juga dapat mencegah kambuhnya kecanduan itu setelah semua tikus tersebut terbebas dari kokain.

Mereka menemukan cara kerja ekstrak itu, yaitu menaikkan tingkat bahan yang disebut “tetrahydropapaveroline” atau “THP”.

Kecanduan kokain membuat tingkat satu bahan kimia otak yang disebut “dopamine” bertambah dan “THP” ikut campur dengan keadaan tersebut.

“Kami menduga ALDH-2 inhibitor yang aman, selektif dan dapat berubah seperti ALDH2i mungkin memiliki potensi untuk mengurangi kecanduan kokain pada manusia dan mencegah kambuhnya kondisi itu,” tulis para peneliti tersebut.(Ant)