Berita Internasional

Kuburan Massal Kembali Ditemukan di Meksiko

Nuevo Leon – Tentara Meksiko kembali menemukan kuburan masal berisi 38 kerangka jenazah di bagian Utara Nuevo Leon. Kuburan ditemukan di lokasi berukuran seluas lapangan sepakbola. Dari hasil penyelidikan, diduga lokasi tersebut merupakan tempat eksekusi saat terjadi perang antar geng narkoba di Meksiko.

Sebelumnya, telah ditemukan juga lokasi kuburan masal sejenis, berukuran seluas kurang lebih 3000 meter persegi, di terowongan sebelah Timur kota Monterrey. Semua korban ditemukan dalam keadaan yang sangat mengenaskan sehingga menyulitkan proses identifikasi.

Para ahli forensik di Tempat Kejadian Perkara (TKP) masih melakukan penggalian dan penyelidikan untuk mengetahui kemungkinan adanya mayat yang masih terkubur. Jaksa Agung Nuevo Leon, Alejandro Garza y Garza, seperti yang diberitakan BBC mengatakan bahwa pihaknya sedang memeriksa mayat-mayat tersebut.

Dari hasil pemeriksaan wilayah ditamukan bekas darah dan bensin di sepanjang jalan tanah menuju titik lokasi penguburan. Diduga bahwa para korban tersebut disiksa sepanjang jalan menuju lubang tempat mereka akhirnya dibunuh. Mayat-mayat tersebut terkubur sedalam 20 meter dan ditemukan noda hangus bekas terbakar pada tanah, yang menimbulkan dugaan bahwa mayat-mayat tersebut dibakar.

Menurut pemerintah setempat, lebih dari 200 orang dilaporkan hilang di perbatasan negara dalam kurun waktu tiga tahun terakhir. Di kawasan Nuevo Leon sering terjadi perang antara dua geng Narkoba yaitu dari kartel Gulf dan Zetas, yang memperebutkan jalur perdagangan narkoba ke Amerika Serikat.

Lebih dari 24.800 orang meninggal dalam kekerasan terkait narkoba di Mexico sejak pemerintah setempat mencanangkan perang terhadap narkoba pada Desember 2006 silam.(BBC/IH)