Berita Internasional Kebijakan

Kroasia Dekriminalisasi Penggunaan Narkotika Dalam Jumlah Kecil

Zagreb – Mulai tahun 2013 mendatang, masyarakat Kroasia yang memiliki sejumlah kecil obat-obatan golongan narkotika untuk penggunaan pribadi tidak lagi menghadapi tuduhan kriminal. Undang-undang baru ini diterapkan untuk dekriminalisasi penggunaan narkotika secara pribadi dalam jumlah kecil, namun tidak diberlakukan bagi produsen narkotika.

Undang-Undang ini diusulkan oleh Departemen Kehakiman Kroasia untuk melakukan perubahan hukum tentang dekriminalisasi masyarakat yang memiliki sejumlah kecil ganja dan narkotika untuk pengobatan.

Meskipun demikian, kelompok kerja departemen ini belum mengusulkan peraturan yang tepat mengenai penanaman ganja dan produksi sejumlah kecil narkotika untuk pengobatan pribadi.

Hal ini dikutip oleh croatiantimes.com, Senin (23/7). Dalam Undang-Undang baru ini, penanaman beberapa pohon ganja untuk keperluan pengobatan pribadi masih merupakan tindakan kriminal dan akan menghadapi tuntutan denda hingga hukuman tiga tahun penjara.

“Departemen Kehakiman tidak mempunyai wewenang untuk meregulasi hukum pidana dimana hal itu menyangkut jenis mana yang diperbolehkan untuk pengobatan dan mana yang tidak. Jenis-jenis yang terkait dengan pengobatan merupakan wewenang Departemen Kesehatan,” ujar Orsat Miljenic, Menteri Kehakiman Kroasia. (IH)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *