Berita Lembaga Berita Nasional

KPAN Lakukan Evaluasi Program Pemulihan Adiksi Berbasis Masyarakat

Semarang – Komisi Penanggulangan AIDS Nasional (KPAN) melakukan evaluasi terhadap pelaksanaan program Pemulihan Adiksi Berbasis Masyarakat (PABM) di delapan wilayah Indonesia.

Dalam pelaksanaan evaluasi ini, pengelola PABM di wilayah Semarang, Jakarta, Bandung, Bogor, Surabaya, Medan, Palembang dan Denpasar akan dievaluasi oleh petugas yang telah dilatih KPAN.

Menurut Arifiyanto Abdul Fani, petugas evaluasi untuk wilayah kota Semarang, ada empat unsur yang akan diwawancarai untuk melihat sejauh mana keberhasilan program PABM ini.

“Untuk setiap wilayah, yang akan diwawancara adalah klien, konselor PABM, pengelola program masing-masing kota dan pemangku kebijakan,” ujarnya saat dihubungi NapzaIndonesia, Rabu (5/6).

Arifiyanto menjelaskan bahwa dari pemangku kebijakan kota Semarang adalah Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Jawa Tengah bagian pemberdayaan masyarakat, penanggungjawab rehabilitasi dinas sosial, sekretaris KPA Provinsi, Dinas Kesehatan dan Pengelola layanan pengurangan dampak buruk penggunaan NAPZA.

Evaluasi dilaksanakan mulai tanggal 1 hingga 14 Juni 2012. (IH)