Berita Daerah Kegiatan

KPA Jateng – LPP Lakukan Survey Perilaku Penasun

Semarang – Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Jawa Tengah pada 5 – 6 Mei 2010 mengadakan pelatihan bagi para petugas pewawancara terkait persiapan pelaksanaan Survei Cepat Perilaku (SCP) pada pengguna narkotika, psikotropika dan zat adiktif (napza) suntik atau penasun di kota Semarang.

Pelatihan yang diadakan di Kantor KPA Jateng ini difasilitasi Emha Fauzi dari Lembaga Pelopor Perubahan (LPP) Semarang dan Tika dari KPA Jateng.

“SCP ini dilatarbelakangi adanya kebutuhan akan gambaran situasi terkini terkait perilaku beresiko para penasun dan kebutuhan akan data dasar bagi monitoring serta evaluasi program penanggulangan AIDS pada penasun di kota Semarang”, ujar Emha Fauzi kepada NapzaIndonesia.com, Rabu (5/5).

Pelatihan diikuti oleh tujuh orang petugas pewawancara serta tujuh orang petugas pendamping.

Selama pelatihan dua hari ini, para peserta pelatihan dibekali materi mewawancarai penasun seperti misalnya perihal perilaku menyuntik, perilaku seksual serta keterlibatan penasun dalam pencegahan penularan HIV terhadap lingkungannya.

Adapun pelaksanaa SCP ini sendiri akan berlangsung pada 10 – 21 Mei 2010 yang melibatkan 210 responden dari kalangan penasun di kota Semarang.

Dalam penelitian ini LPP akan bertindak sebagai penanggungjawab pelaksanaan penelitian.(Rif)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *