HIV/AIDS Kegiatan

Konseling Adiksi, Salah Satu Aspek Penting Layanan Harm Reduction

Pernas AIDS IV 2011

Yogyakarta – Program pengurangan dampak buruk penggunaan NAPZA atau Harm Reductions (HR), menjadi bahasan dalam salah satu sesi presentasi oral pada Pertemuan Nasional (Pernas) AIDS IV 2011 yang diselenggarakan di Daerah Istimewa Yogyakarta.

Pembahasan ini dikemas dalam sesi dengan tema “Siapa bilang layanan HR komprehensif Susah? Optimalisasi  Ketersediaan Sumber Daya” pada Senin (3/10) dengan menampilkan lima narasumber yang mempresentasikan tentang penelitian dan program layanan Harm Reduction bagi pengguna NAPZA suntik.

Diskusi menarik terjadi dalam diskusi mengenai Program Terapi Rumatan Metadon (PTRM). Salah satu peserta diskusi yang bekerja di klinik PTRM, menyampaikan bahwa konseling adiksi sangat diperlukan dalam layanan HR agar penanganan yang diberikan tepat sasaran.

Menanggapi hal ini, dr Robert Kosasih SpFK dari HIV Corporation Program for Indonesia (HCPI) yang menjadi salah satu penyaji presentasi oral menyampaikan bahwa saat ini sudah ada petugas penjangkau yang dibekali dengan ilmu konseling adiksi.

“Biasanya, klien layanan lebih nyaman bercerita pada petugas penjangkau. Harapannya petugas lapangan yang telah memahami konseling adiksi dapat mengambil peran disini,” ujar Robert. (Got/IH)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *