Berita Lembaga Kegiatan

Komunitas Pengguna NAPZA Berbagi Bingkisan Lebaran Bagi Warga Tidak Mampu

Warga tidak mampu tersenyum usai mendapatkan bingkisan lebaran

Surabaya – Siapa bilang pecandu narkoba atau pengguna napza hanya egois dan memikirkan dirinya sendiri, tanpa memiliki kepedulian sosial yang tinggi. Di Surabaya tiga hari menjelang Lebaran, warga tidak mampu di Surabaya dan sekitarnya mendapatkan bingkisan istimewa, berupa pakaian dan barang-barang bekas layak pakai.

Adapun pakaian bekas dan barang-barang layak pakai ini dikumpulkan selama bulan Ramadhan oleh para pecandu dan mantan pecandu narkoba yang bergabung dalam relawan komunitas EJA dan Kopenham dari warga kota Surabaya, Sidoarjo, Mojokerto, dan Malang. Pemberian bantuan ini diberikan langsung kepada warga tidak mampu yang tinggal di sepanjang rel kereta api dan juga stren kali.

…Matur nuwun mas, Gusti Allah sing mbales nggih.. (terima kasih mas, biar Alloh yang membalasnya ya..-red),” ungkap Salamun, warga asal Kediri yang telah berpuluh tahun menetap strenkali Kalimas, Surabaya Kota.

Salamun tidak sendiri, Ia bersama ratusan warga tidak mampu lainnya di delapan titik kumuh di Surabaya menerima bantuan ini.

“Dengan mengucap syukur Alhamdulillah, kami komunitas korban NAPZA, telah berhasil mengumpulkan pakaian bekas layak pakai, yang hari ini telah kami bagi-bagikan kepada warga tidak mampu yang tinggal di sepanjang rel kereta api dan stren kali,” ungkap Rudhy Sinyo, Koordinator East Java Action (EJA), komunitas pengguna napza di Surabaya, Kamis (16/8)

Menurut Rudhy Sinyo, jumlah pakaian bekas layak pakai yang berhasil dikumpulkan relawan  selama sebulan ini sekitar 1.065 potong, yang terdiri atas Surabaya РSidoarjo 778 potong, Mojokerto Raya 187 potong dan Malang 100 potong. Dari jumlah tersebut, setelah diseleksi dan dikemas ulang, hanya ada 1.046 potong pakaian layak pakai yang dapat dibagikan.

Selain itu, tim relawan juga mendapatkan tambahan tas berbagai jenis sejumlah 31 buah, 3 pasan sepatu, satu lusin VCD, dan beras sejumlah 35 kilogram.

“Terima kasih atas dukungan warga yang rela berbagi kepada warga yang tidak mampu, semoga amal ibadahnya dapat diterima, dan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan kepada kami komunitas korban napza dalam melakukan kegiatan ini,” imbuh Rudhy Sinyo.

Kegiatan bakti sosial ini berkat kerjasama Yayasan Orbit Surabaya, Komunitas East Java Action (EJA) Surabaya, dan Komunitas Kopenham Mojokerto. (Gen)

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *