Berita Internasional Kebijakan Global Riset

Komisi Global: Perang Terhadap Narkoba Telah Gagal

London – Beberapa mantan pemimpin dunia, Kamis (2/6) mengumumkan dalam sebuah laporan bahwa kebijakan perang melawan narkotika, psikotropika dan zat adiktif (napza) lainnya telah mengalami kegagalan.

Laporan dari Global Commission on Drug Policy atau Komisi Global untuk Kebijakan Obat-Obat terlarang (GCoDP) menyerukan adanya sebuah kebijakan yang lebih baik untuk obat-obat terlarang dan mencabut usaha mengkriminalkan pengguna.

Komisi global ini terdiri dari mantan Sekretaris-Jenderal PBB, Kofi Annan, dan mantan pemimpin Meksiko, Kolombia, Brasil dan pengusaha Inggris, Sir Richard Branson.

Laporan komisi mengatakan kebijakan anti napza telah gagal karena justru telah memicu gerakan kriminal teroganisir yang menewaskan ribuan orang dan memakan biaya puluhan juta dollar.

BBC menyebutkan bahwa laporan ini menyebut data dari PBB yang menyebutkan tentang adanya kenaikan peredaran opium di seluruh dunia hingga 35 persen serta peningkatan peredaran kokain sebesar 27 persen untuk jangka waktu 1998 hingga 2008.

Para tokoh dunia ini juga mengkritik sejumlah pemerintah yang mengklaim sukses atas perang melawan obat-obat terlarang.

Menurut laporan tersebut, pemimpin politik dan figur publik di masing-masing negara seharusnya punya keberanian untuk menyampaikan secara publik apa yang mereka akui secara pribadi.

Dimana sejumlah bukti menunjukkan bahwa strategi yang represif tidak bisa mengatasi masalah obat-obat terlarang serta perang melawan obat-obat (terlarang) belum dan tidak akan bisa menang.

Pemerintah Amerika Serikat menolak hasil komisi ini dan menyebutnya salah kaprah.(BBC/Gen)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *