Advokasi HIV/AIDS Kegiatan

Keterlibatan Masyarakat Dalam Proses Advokasi Sangat Penting

Pernas AIDS IV 2011

Yogyakarta – Salah satu agenda acara dalam Pertemuan Nasional (Pernas) AIDS IV 2011 adalah sesi pertemuan satelit  yang diselenggarakan organisasi atau institusi yang ingin melakukan pembahasan mendalam mengenai beberapa isu utama yang terkait dengan Pernas.

Salah satu fasilitator pertemuan ini adalah Pusat Penelitian HIV-AIDS Universitas Atmajaya, Jakarta. Bertempat di ruang Borobudur, Hotel Inna Garuda, Yogyakarta, Senin (3/10), pertemuan ini mengambil tema “Lingkungan Mendukung dan Advokasi”.

Dalam pertemuan ini didiskusikan tentang penguatan sistem komunitas sebagai suatu langkah dalam melakukan kegiatan advokasi, termasuk bagaimana cara mempertajam upaya monitoring terhadap intervensi komunitas maupun pemerintah.

“Kedua upaya ini sangat diperlukan dalam mendukung penanganan masalah HIV-AIDS yang komprehensif,” papar Prof. Irwanto, Ph.D.

Lebih lanjut Irwanto memaparkan tentang faktor-faktor yang mendukung penguatan sistem komunitas, yaitu lingkungan yang mendukung dan advokasi, sumber daya, adanya jaringan sebagai yang saling terkait dan terkoordinasi, kegiatan masyarakat dan penyedia layanan, serta penguatan organisasi.

“Melihat dari faktor tersebut, peran masyarakat sipil sangat penting. Dengan kata lain, masyarakat harus dilibatkan dalam proses advokasi,” jelasnya. (Got/IH/Gen)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *