Berita Kegiatan

Keterbukaan Informasi Diperlukan Dalam Menangani Masalah NAPZA

Semarang – Lembaga Pelopor Perubahan melakukan sosialisasi kepada warga Kenconowungu Semarang tentang pendekatan penanganan pengguna NAPZA. Sosialisasi ini dilakukan pada Selasa (10/4) dengan fasilitator M. Hasnul Fauzi.

“Kami menyampaikan informasi tentang NAPZA dan bagaimana menangani pengguna NAPZA secara lebih manusiawi, dengan pendekatan kekeluargaan,” ujar Fauzi pada Napzaindonesia, Rabu (11/4).

Warga Kenconowungu yang hadir dalam sosialisasi ini berusia remaja hingga orang tua. Beberapa pertanyaan tentang permasalahan NAPZA menjadi bahan diskusi, antara lain ciri-ciri pengguna NAPZA dan bagaimana menangani anggota masyarakat sekitar yang diketahui menggunakan NAPZA.

“Seringkali orang tua mengetahui bahwa anaknya menggunakan NAPZA saat sudah tertangkap oleh pihak kepolisian. Keterbukaan informasi dan komunikasi yang tidak menghakimi dari orang tua pada anak sangat perlu dilakukan,” imbuh Fauzi.

Menurut Fauzi, rasa ingin tahu yang cukup tinggi di usia remaja untuk mencoba sesuatu yang baru, harus diimbangi dengan keterbukaan informasi tentang NAPZA dan semua resikonya.

“Pendekatan yang dilakukan dalam menangani masalah NAPZA lebih relevan jika menggunakan pendekatan kesehatan,” tutupnya. (IH)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *