Berita Internasional

Kepolisian Meksiko Tangkap Pimpinan Kartel Narkoba La Familia

Mexico City – Presiden Meksiko Felipe Calderon mengucapkan selamat pada Kepolisian Meksiko atas tertangkapnya pimpinan kartel narkoba terkemuka, La Familia. Polisi menahan Jose de Jesus Mendez Vargaz, yang juga dikenal dengan julukan “The Monkey“, di pusat kota Aguascalientes.

Presiden Calderon menggambarkan penangkapan tersebut sebagai gebrakan besar untuk menghantam kejahatan terorganisir.

La Familia memiliki catatan panjang terkait kekerasan, tetapi kelompok tersebut mengaku melindungi komunitas lokal dan mempromosikan nilai-nilai keluarga.

Jurubicara pihak keamanan Meksiko, Alejandro Poire menyatakan bahwa penangkapan Jose akan memutus mata rantai komando kartel La Familia.

Perwakilan Kantor Kejaksaan Negeri Meksiko mengatakan bahwa Jose Vargaz bertanggungjawab atas peredaran dan penjualan kokain, marijuana, dan shabu di berbagai wilayah Meksiko dan AS.

Kejaksaan Negeri Meksiko juga menuduh Jose Vargaz adalah otak dibalik penculikan dan pembunuhan para anggota kartel pesaing La Familia.

Pimpinan La Familia sebelumnya, Nazario Moreno, terbunuh oleh pihak keamanan Meksiko pada Desember 2010.

Hampir bersamaan, Kepolisian Colombia telah menahan tiga orang yang dicurigai sebagai tokoh senior dibalik peredaran napza internasional.

Julian Hernando Dias Porras alias “The Horseman“, Orlando Rodriquez Castrillon alias “The Indian“, dan Argemiro Sierra Pastrana alias “Grey Haired One“, telah menjadi target pencarian Kepolisian Colombia atas kasus peredaran napza dari Colombia melintasi sebagian besar wilayah Amerika Latin, Amerika Serikat dan Eropa.

Pihak berwenang Colombia mengatakan, tiga orang tersebut akan diekstradisi ke Venezuela, Brazil dan Argentina secara terhormat.(bbc/YS)