Berita Internasional

Kepala Desa Dibunuh Anggota Kartel Narkotika Meksiko

Mexico City – Seorang kepala desa di bagian tengah Meksiko ditemukan tewas pada Sabtu (20/8) waktu setempat. Peristiwa itu terjadi sehari setelah kepala desa ini diculik.

“Pada pagi hari, kami menemukan mayat di kota kecil El Pochote, dan kami mengonfirmasikan pada sore harinya itu adalah Kepala Desa Zacualpan, Jesus Eduviges Nava,” kata seorang pejabat keamanan dari negara bagian Guerrero, Meksiko Selatan kepada AFP.

Menurut laporan biro keamanan negara bagian, Nava ditemukan tanpa busana, dengan tanda penyiksaan di seluruh tubuhnya dan trauma kekerasan nyata bagi dahinya, yang tampaknya menjadi penyebab kematiannya.

Kematian Nava membuat jadi 19 jumlah kepala desa dan wali kota yang tewas di Meksiko sejak 2010, lima di antara mereka tewas pada tahun ini. Pihak berwenang menyatakan semua pejabat desa dan kota kecil itu mungkin jadi sasaran karena menolak bekerja sama dengan kartel narkotika.

Satu kelompok bersenjata menculik Nava dan seorang temannya pada Jumat (19/8). Seorang penjaga pribadi kepala desa tersebut tewas selama serangan itu, dan pihak berwenang di Guerrero mengatakan mereka masih belum merasa yakin mengenai keberadaan teman Nava.

Zacualpan, memiliki warga sebanyak 14.000 orang, berbatasan dengan negara bagian Guerrrero dan berada di satu daerah tempat kelompok penjahat terorganisir merajalela, termasuk kartel narkotika La Familia dan satu kelompok sempalan, Knights Templar.

Lebih dari 41.000 orang telah tewas dalam kerusuhan yang berkaitan dengan gerombolan penjahat terorganisasikan di Meksiko sejak Presiden Felipe Calderon melancarkan penindasan militer atas mereka pada Desember 2006.(Ant/G)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *