Berita Lembaga Berita Nasional HIV/AIDS

Kendati Lebaran, Namun RSUD Kudus Tetap Membuka Klinik VCT

HIV & AIDS

Kudus – Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, tetap membuka layananan klinik Konseling dan Tes Sukarela atau Voluntary Counseling Test (VCT)  HIV/AIDS selama Lebaran, kata Direktur RSUD Kudus Syakib Arsyalan.

“Artinya, pelayanan kesehatan masyarakat tetap menjadi prioritas utama, meskipun memasuki libur Lebaran,” ujarnya, di Kudus, Kamis (16/8).

Apalagi, RSUD Kudus juga akan menjadi rumah sakit rujukan bagi pasien dengan dugaan terinfeksi HIV/AIDS.

Menurut Syakib Arsyalan, persiapannya sudah cukup optimal, termasuk memberikan bekal para tim medis di bidang konseling dan mengetahui penatalaksanaan pasien dengan gejala HIV/AIDS.

Saat ini, RSUD Kudus hanya menunggu surat putusan resmi untuk mendapatkan status rumah sakit rujukan bagi pasien dengan dugaan penderita HIV/AIDS.

Syakib Arsyalan mengatakan, tim medis yang bertugas di RSUD Kudus tidak ada yang libur, termasuk para dokter karena sudah memiliki jadwal jaga selama libur Lebaran.

Selain layanan klinik VCT yang masih tetap buka, pelayanan kesehatan secara umum juga masih tetap buka yang dipusatkan di Unit Gawat Darurat (UGD).

Ketersediaan obat-obatan, selama Lebaran dipastikan tidak ada permasalahan berarti, karena tersedia cukup.(Ant)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *