Berita Daerah Hukum

Kejari Surabaya Lakukan Pemusnahan Barang Bukti

Surabaya – Kejaksaan Negeri (Kejari) Surabaya pada Selasa (7/9) melakukan pemusnahan barang bukti kasus narkoba dari tindak pidana narkoba yang sudah ditetapkan oleh hakim setempat. Barang bukti yang dimusnahkan tersebut bernilai kurang lebih 1 Milyar.

Fadil Zumhana, Kepala Kejari Surabaya beserta seluruh jajarannya melakukan pemusnahan barang bukti tersebut di halaman kantor Kejari Surabaya, Jl. Raya Sukomanunggal Surabaya. Beberapa undangan dari Badan Narkotika Nasional (BNN) Surabaya serta perwakilan Polrestabes Surabaya turut menghadiri acara pemusnahan tersebut.

Barang bukti yang dimusnahkan adalah psikotropika jenis shabu-shabu seberat 937 gram beserta 75 set alat hisapnya, 1.893 butir ekstasi, 19 gram mariyuana dan ribuan butir pil koplo dari berbagai merek.

“Kalau ditotal dalam bentuk rupiah, jumlahnya mencapai 1 Miliar rupiah. Kalau dari jenisnya, shabu-shabu seberat 900 gram tersebut sudah sangat mahal.” ujar Fadil seperti dilansir Surya online.

Pemusnahan barang bukti tersebut juga merupakan pelaksanaan perintah hakim yang telah menyelesaikan tindak perkaranya.

“Sesuai Pasal 270 KUHAP, yang menyatakan bahwa jaksa harus melaksanakan penetapan hakim yang sudah memiliki kekuatan hukum tetap. Nah, karena barang bukti ini sudah mempunyai kekuatan hukum maka kami wajib melaksanakannya,”jelas Fadil. (SO/IH)