Berita Daerah Hukum

Kejari Denpasar Musnahkan Barang Bukti Senilai Rp.7,4 Miliar

Denpasar – Kejaksaan Negeri Denpasar, Jumat (6/4) memusnahkan ribuan barang bukti kasus narkotika dan minuman keras (miras) dengan total nilai sekitar Rp7,4 miliar.

Pemusnahan dengan cara dibakar ini dilakukan di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sampah, Suwung, Denpasar Selatan.

“Kami melakukan pemusnahan barang bukti seperti ini setiap tiga atau enam bulan sekali, karena memang yang namanya barang bukti itu banyak sekali, jadi kami juga harus berhati-hati,” ujar Heru Sriyanto, Kepala Kejaksaan Negeri Denpasar.

Barang bukti kejahatan yang telah berkekuatan hukum tersebut antara lain 1,54 kg shabu-shabu senilai Rp1,69 miliar, 4,2 kg ganja senilai Rp 628 juta, 1.189 butir ekstasi senilai Rp297 juta, 78,43 gram heroin senilai Rp62,7 juta serta 17.381 botol minuman keras impor dan lokal senilai Rp3,568 miliar.

Barang bukti senilai Rp7,4 miliar yang dimusnahkan tersebut berasal dari hasil 169 perkara pidana khusus maupun pidana umum yang telah berkekuatan hukum tetap sejak periode Januari hingga April 2011.

Heru mengatakan, keseluruhan barang bukti yang dimusnahkan tersebut merupakan hasil kerjasama dengan pihak-pihak terkait seperti kepolisian dan bea cukai.

“Semua barang bukti ini merupakan hasil kerjasama kami dengan Bea cukai juga kepolisian juga BBPOM,” ungkap Heru.(Ant/Gen)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *