Berita Internasional

Kedutaan RI di Beijing Imbau TKI Waspada Sindikat Narkoba Internasional

China

Beijing – Warga Negara Indonesia (WNI), terutama wanita yang berkunjung ke China diimbau untuk mewaspadai jebakan sindikat narkoba internasional supaya tidak mudah dimanfaatkan.

Pernyataan ini ditulis dalam surat edaran perwakilan Pemerintah Indonesia di Beijing pada Selasa (17/4) waktu setempat. Imbauan ini disampaikan berdasar dari banyaknya wanita Indonesia yang tertangkap menjadi kurir atau penyelundup karena terjebak sindikat narkoba internasional.

Menurut Kedutaan Republik Indonesia di Beijing, para WNI yang menjadi kurir ini pada umumnya mantan Tenaga Kerja Wanita (TKW) yang telah habis masa kerjanya dan ingin membawa uang lebih saat kembali ke Indonesia.

Sindikat narkoba internasional biasanya memanfaatkan WNI wanita berusia 20-40 tahun yang berpenampilan menarik. Mereka yang dimanfaatkan biasanya berkunjung seorang diri dalam waktu singkat kemudian bersinggungan dengan pihak-pihak yang berasal dari negara penghasil heroin atau narkoba jenis lain di Asia dan Amerika Latin.

Dalam surat edaran ini, pihak Kedutaan juga mengmbau kewaspadaan WNI yang berkunjung ke China, karena Pemerintah China sudah memiliki data sindikat narkoba internasional, sehingga jika ada WNI yang terlibat akan terancam keselamatannya.

Modus yang seringkali digunakan sindikat narkoba internasional dalam mengirim kurirnya adalah dengan mendarat di bandara kecil wilayah China. Biasanya, wanita yang dijebak sebagai kurir ini adalah mereka memiliki masalah rumah tangga dan dimanfaatkan sebagai pasangan dari anggota sindikat yang beroperasi di dalam maupun di luar wilayah Indonesia dengan janji jaminan perlindungan keselamatan. (IH)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *