Berita Nasional Kebijakan Nasional Peristiwa

Kecewa Kebijakan Pemerintah, Ribuan Buruh Pabrik Rokok Unjuk Rasa

PT Djarum

Kudus – Kecewa dengan ulah pemerintah pusat, ribuan buruh beberapa pabrik rokok di Kudus akan menggelar aksi unjuk rasa pada Kamis (22/12).

Hal ini dilakukan mengingat dalam beberapa tahun terakhir, tidak sedikit kebijakan pemerintah pusat dan DPR RI yang dianggap tidak berpihak kepada industri kretek tanah air.

“Sebagai kota industri kretek, banyak warga Kudus yang dirugikan karena kebijakan pemerintah pusat,” papar Eni Mardiyanti, Koordinator buruh rokok wilayah, Komite Nasional Penyelamatan Kretek (KNPK), Senin (19/12).

Salah satu kebijakan pemerintah pusat yang dipersoalkan para buruh pabrik rokok ini adalah peraturan Mentri Keuangan (PMK) No 167/PMK.011/2011 tentang Tarif Cukai.

Menurut Eny Mardiyanti, kebijakan pemerintah ini akan meenyebabkan kenaikan pita cukai rokok sehingga berpengaruh terhadap kondisi keuangan perusahaan yang pada akhirnya bermuara pada ketidakmampuan operasional pabrik rokok.

Eny mardiyanti menegaskan bahwa para buruh yang akan ikut dalam aksi unjuk rasa antara lain buruh pabrik PT Djarum, PR Sukun, PR Pamor dan PT Nojorono.

Selain buruh pabrik rokok di Kudus, para buruh pabrik rokok di Boyolali, Kendal dan Temanggung akan melakukan aksi serupa.(War/G)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *