Berita Nasional Kegiatan

Kasus Peredaran Shabu di Indonesia Meningkat Tajam

Mabes Polri

Kuta – Direktur Narkoba dan Kejahatan Terorganisir Badan Reserse Kriminal Polri, Brigjen Pol Arman Depari mengatakan, selama semester pertama 2011 jumlah kasus psikotropika terutama jenis shabu di Indonesia meningkat tajam dibandingkan periode sama 2010.

“Peningkatan kasus tindak pidana peredaran shabu-shabu di Indonesia sebesar 67 persen,” katanya di sela-sela jumpa pers acara rapat kerja sama negara-negara anggota International Drug Enforcement Conference (IDEC), di Kuta, Kabupaten Badung, Bali, Rabu (7/9).

Arman Depari menjelaskan, berdasarkan catatannya jumlah kasus kejahatan terorganisir itu dari Januari sampai Juli tahun ini sekitar 700. Sedangkan pada periode sama tahun lalu jumlah kasus terjadi sekitar 200.

“Sedangkan kasus-kasus peredaran jenis narkotika lainnya juga mengalami peningkatan, rata-rata delapan persen setiap jenisnya,” ujarnya.

Namun Arman tidak memberikan secara terperinci jumlah barang haram yang telah diedarkan ke Tanah Air oleh jaringan sindikat pengedar narkoba internasional.(Ant/YS)