Berita Internasional Berita Selebriti

Kasus Doping Hantui Atlet Balap Sepeda Tour de France

Villie Morgon – Penggunaan doping terus menghantui para atlet olah raga dunia, tak terkecuali para atlet balap sepeda. Kali ini seorang pembalap sepeda asal Prancis dari tim Cofidis Remy, Di Gregorio ditangkap di hotelnya di hari istirahat pertama dari turnamen Tour de France.

Selain Di Gregorio, polisi juga telah menangkap dua orang lain yang diduga memberikan doping kepada kepada atlet asal Prancis itu.

Satu orang ditangkap bersama Di Gregorio di Bourg-en-Bresse, dan seorang lainnya ditangkap di Marseille. Ditangkapnya Di gregorio, menambah panjang daftar atlet yang tersangkut kasus doping pada turnamen Tour de France.

Peraih dua gelar Tour de France, Alberto Contandor, absen pada tahun 2012 akibat sanksi karena terbukti menggunakan doping pada Tour de France 2010.

Di lain tempat, nasib jawara tujuh kali Tour de france, Lance Armstrong, pembalap sepeda asal Amerika Serikat terancam tidak bisa mengikuti turnamen Tour de France karena kini tengah menghadapi dakwaan melakukan konspirasi penggunaan doping oleh Badan Antidoping Amerika Serikat.

Hal ini terkait penjatuhan skorsing seumur hidup oleh Badan Antidoping Amerika Serikat (USADA) terhadap tiga mantan staf dan konsultan Lance Amstrong, Luis Garcia del Moral dan Michele Ferrari yang merupakan anggota tim dokter, dan Jose ‘Pepe’ Marti yang bekerja untuk tim Postal Service dan tim Discovery Channel. Mereka dituding terlibat dalam penggunaan doping saat Armstrong meraih tujuh gelar Tour de France antara 1999 dan 2005.

Beberapa jam pascavonis dari USADA, kuasa hukum Armstrong kembali memasukan tuntutan ke pengadilan Austin untuk mencegah kasus yang diajukan USADA itu diadil dan berharap pengadilan mengeluarkan putusan sebelum Sabtu (14/7), tenggat waktu bagi Armstrong untuk menerima dakwaan dari USADA atau mengajukan kasusnya ke pengadilan arbitrase olahraga.  (Kos/IH)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *