Hukum Peristiwa

Kasasi Terdakwa Penyelundup 3,1 Kilogram Shabu Ditolak MA

Mahkamah Agung

Jakarta – Permohonan kasasi yang diajukan oleh Khuram Antonio Khan Garcia, Warga Negara (WN) Inggris, terdakwa pengimpor 3,1 kilogram shabu ke Bali, ditolak oleh Mahkamah Agung (MA).

Keputusan ini dilansir dalam situs resmi MA pada Senin (9/1) dalam Putusan perkara dengan nomor 2319 K/PID.SUS/2011. Putusan perkara ini diputus melalui rapat permusyawaratan majelis hakim yang terdiri dari R. Imam Harjadi, Surya Jaya dan Hatta Ali pada 29 Desember 2011.

Putusan MA ini memperkuat putusan pengadilan tingkat banding dan pengadilan tingkat pertama yang menjatuhkan hukuman 20 tahun penjara pada terdakwa.

Terdakwa ditangkap oleh petugas Bea Cukai Bandara Internasional Ngurah Rai, Bali yang bekerjasama dengan Polda Bali setelah turun dari pesawat Qatar Airways QR 636 dari Doha, 11 November 2010 lalu.

Dalam pengembangan kasus, Petugas Bea Cukai Ngurah Rai bekerja sama dengan Polda Bali kemudian melakukan pengembangan dan berhasil menangkap Yan Zacharia Santoso. Yan yang berasal dari Jakarta, datang untuk mengambil shabu senilai 6 milyar rupiah ini divonis 18 tahun penjara oleh majelis hakim.

Dalam persidangan, terdakwa Garcia mengaku sebagai kurir atas perintah seseorang bernama Beny saat berada di Douala, Kamerun. Upah yang dijanjikan untuk Garcia jika berhasil membawa shabu ke Bali adalah 3.000 Poundsterling atau sekitar 42 juta rupiah.