Berita Nasional Peristiwa

Karimunjawa Rawan Penyelundupan Narkotika Lewat Jalur Air

Bea dan Cukai

Jepara – Pulau Karimunjawa mulai rawan sebagai tempat transit masuknya narkotika, demikian ditegaskan oleh Supraptono Kepala Kantor Wilayah Ditjen Bea dan Cukai Jateng dan DIY.

“Di Pulau Karimunjawa juga banyak ditemukan kapal wisata, sehingga pengawasan terhadap terhadap kemungkinan masuknya narkotika itu juga perlu ditingkatkan,” ujarnya.

Menurutnya, upaya memasukkan narkotika lewat jalur laut sudah sering dilakukan oleh para pengedar. Hal ini terbukti dengan penangkapan penyelundup narkotika pada jalur laut di wilayah Sukabumi, Jabar dengan barang bukti yang cukup banyak.

“Kemungkinan pemindahan narkotika antar kapal di tengah laut juga bisa terjadi,sehingga segala kemungkinan harus diantisipasi sejak awal,” ujarnya.

Saepullah Nasution, Kabid penyidikan dan Penindakan Kanwil Ditjen Bea dan Cukai Jateng dan DIY menambahkan dengan adanya patroli di wilayah Perairan laut Jepara, terutama Karimunjawa.

“Jika perkembangannya memungkinkan untuk dilakukan penambahan personel di wilayah Karimunjawa,tentunya akan dipertimbangkan,” ujarnya.

Menurutnya, sebetulnya Kantor Wilayah Dirjen Bea dan Cukai Jateng dan DIY masih membutuhkan tambahan armada kapal sebanyak dua unit dengan ukuran yang lebih besar. Armada kapal yang saat ini tersedia hanya tiga armada, meliputi satu unit di Semarang dengan ukuran 15 meter, sedangkan dua armada lainnya ada di Tegal dan Cilacap dengan ukuran 8 meter.

Dari sisi geografis garis pantai yang menjadi wilayah kerja Kantor Wilayah Dirjen Bea dan Cukai Jateng dan DIY meliputi Brebes hingga Sarang, Kab. Rembang. Hal tersebut untuk mengantisipasi terjadinya pergeseran modusnya lewat jalur laut. Oleh karena itu,dua unit kapal patroli dengan senjata lengkap milik Ditjen Bea dan Cukai dioperasikan secara rutin di pantai selatan dan pantai utara Jateng.

“Terutama difokuskan di Cilacap (pantai selatan) dan Jepara (pantura). Keduanya diduga kuat sebagai pintu masuk dan keluar narkotika,” tegasnya. (Kos/IH)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *