Berita Nasional Kebijakan Nasional

Kapolri: Kerusakan dan Kerugian Akibat Narkoba Mencapai Rp60 Triliun

Badrodin Haiti / Foto: baitul-arqom.ac.idMalang – Kepala Kepolisian Indonesia, Jenderal Polisi Badrodin Haiti, menyatakan, kerusakan dan kerugian akibat penyalahgunaan narkoba di Tanah Air mencapai sekitar Rp60 triliun per tahun.

“Kerusakan yang jika dinominalkan hingga mencapai Rp60 triliun itu untuk program rehabilitasi bagi para pengguna narkoba, pengobatan serta untuk pembelian berbagai jenis narkoba yang digunakan para pecandu,” kata dia, di Malang, Jumat.

Ia memperkirakan dana kerusakan akibat narkoba yang mencapai sekitar Rp60 triliun itu bisa digunakan utnuk membangun jalan tol Malang-Surabaya, bahkan lebih dari cukup.

Haiti mengemukakan ancaman terbesar dari dalam negeri selain paham radikalisme adalah peredaran narkoba dan meracuni generasi muda. Narkoba ini akan mengganggu sistem syaraf dan menjadikan fungsinya kian melemah.

“Kondisi ini dalam jangka waktu panjang tentu akan merusak daya saing SDM Indonesia dan tentunya juga berdampak bagi negeri ini,” ujarnya.

Pada tahun ini, lanjutnya, jumlah pengguna narkoba di Indonesia yang terdata mencapai 4,1 juta jiwa atau sekitar 2,2 persen dari jumlah penduduk Indonesia secara keseluruhan. Bahkan, setiap hari ada sekitar 40 hingga 45 orang meninggal karena narkoba.(Antara)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *