Berita Lembaga Berita Nasional Kebijakan Daerah

Kanwil Kemenkumham: Lapas Nusakambangan Akan Ditata Ulang

Lembaga Pemasyarakatan

Semarang – Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kanwil Kemenkumham) Jateng berencana menata ulang Pulau Nusakambangan. Rencana itu disampaikan Kepala Kanwil Kemenkumham Jateng, Muqowimul Aman, Selasa (14/8).

Salah satu yang direncanakan adalah memfungsikan kembali beberapa Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) yang sudah tidak dipakai. Sedianya, di Pulau Nusakambangan terdapat sembilan Lapas.

“Jumlah itu turun mejadi empat Lapas, dan hingga saat ini kembali berkembang menjadi tujuh Lapas. Sementara, Lapas-Lapas yang tidak berfungsi ini merupakan Lapas yang berada di titik-titik terluar Pulau Nusakambangan,” papar Muqowimul usai acara penyerahan remisi umum Hari Kemerdekaan, Selasa (14/8).

Menurutnya, Lapas yang saat ini berfungsi hanya di jalur tengah saja. Padahal sebenarnya di bagian timur dan barat Pulau Nusakambangan juga ada Lapas yang bisa difungsikan kembali, yang bermanfaat sebagai titik kontrol.

Muqowimul mengungkapkan, saat ini diketahui kondisi alam di Nusakambangan kian rusak. Pembalakan liar dan penggundulan hutan kian marak, terutama di wilayah barat pulau Nusakambangan.

“Untuk itu, kami perlu mengkoordinasikannya dengan Pemerintah Propinsi Jateng dan Kabupaten Cilacap. Karena menyangkut perencanaan, biaya dan sebagainya,” lanjut Muqowimul seperti yang dikutip SuaraMerdeka.com.

Penataan kembali itu merupakan amanat dari Kemenkumham untuk menjadikan Nusakambangan sebagai Pulau Pemasyarakatan yang telah dibangun sejak Hindia-Belanda.(SM/Gen)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *