Berita Lembaga Berita Nasional

Jusuf Kalla: Ganja Tidak Mungkin Dilegalkan

Jusuf Kalla

Jakarta – Mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla mengatakan, ganja tidak mungkin dilegalkan di Indonesia karena dianggap berbahaya .

“Kita tidak mungkin melegalkan ganja karena berbahaya, ada takaran-takaran tertentu yang sangat berbahaya,” ujar Kalla disela-sela meninjau pelaksanaan operasi katarak gratis di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) Jakarta, Sabtu (7/5).

Menurut Kalla, ganja legal jika digunakan untuk pengobatan namun menjadi dilarang ketika penggunaannya disalahgunakan sehingga membahayakan kesehatan.

Pernyataan Jusuf Kalla ini terkait desakan kelompok Lingkar Ganja Nusantara (LGN) yang hari ini, Sabtu (7/5) melakukan aksi tuntutan legalisasi ganja yang berlangsung di Tugu Tani, Jakarta. Aksi yang dilakukan LGN ini serupa dengan aksi Global Marijiana March (GMM) 2011 yang berpusat di Kanada.

Saat ini baru Belanda, Kanada dan 21 negara bagian di Amerika Serikat yang melegalisasi ganja, sementara di Indonesia tanaman bernama latin Cannabis Sativa itu dilarang berdasarkan Undang-Undang No. 35 tentang Narkotika tahun 2009 yang masuk dalam narkotika kelas I.(Ant/Gen)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *